Saturday, July 24, 2010

that's what we called HARMONI!

What cross your mind when you heard the word harmoni?
Beauty..Balance..Music..
My mind? No need to figure out what cross my mind because my mind already contaminated by the real harmoni. And it felt great! Curious what's inside this real harmoni?? Let me get you contaminated too.
Lets roll..

Harmoni adalah sebuah acara musik yg lain daripada yg lain. Diadakan oleh salah satu televisi swasta, SCTV. Acara ini diadakan setiap bulan nya (Januari-Agustus) dalam rangka menyambut ulang tahun SCTV yg ke-20 pada bulan Agustus. Acara musik ini menampilkan kurang lebih 15 penyanyi (soloist, duet, ataupun vokalis band) yang menyanyi dengan diiringi orkestra. Setiap bulan nya acara musik ini menampilkan tema-tema yg berbeda.



Sounds ordinary?? Let me show you what's the extraordinary and the "ajaib" part. Setiap penyanyi yg tampil di acara ini diiringi oleh orkestra, lebih tepat nya Magenta Orchestra *orkestra yg pernah mengiringi Indonesian Idol dan sudah mengadakan 3 konser*. Magenta orkestra dipimpin oleh Andi Rianto *one of a kind, crazy in a positive way, great arranger*. Lagu-lagu yang dimainkan di Harmoni adalah lagu-lagu hasil aransemen mas Andi (Rianto) yang terpadu apik, cantik, menakjubkan *oh my..bahasa nya!?!* dengan alunan orkestra dan tentunya tangan ajaib *oke, ke-lebay-an ini akan terus berlanjut* mas Andi di atas piano.
Selama kurang lebih 90 menit, penonton yg hadir benar-benar disuguhi perpaduan musik yg cantik. Lagu-lagu, yang kata kebanyakan orang lagu alay, ketika ditampilkan di harmoni dengan aransemen yang beda, lagu itu mendadak jadi lagu yang sangat tidak alay. Alias tiba-tiba dicintai dan dipuji banyak orang. Aku akan sedikit bercerita tentang beberapa lagu yang sudah pernah muncul di harmoni *kalau semua lagu diceritain, bisa jadi posting-an yg tidak berujung.betul??betuullll*.

Pernah denger lagu Cari Jodoh nya WaliNow, imagine Afgansyah Reza sang it with a jazzy arrangementFirst time I heard it (Harmoni Januari), I got stunned. Yes, suddenly I shut my mouth and falling in love with the song *a bit info for you, I used to hate this song*.



How about Mau Dibawa Kemana by Armada??Lagu ini lagi sering banget dibawain oleh begitu banyak orang.And I hate it!Waktu lagu ini dibawain di Harmoni (Harmoni Mei), aku nyerah.Aside from the singer who seems to sang it a bit over, I love the arrangement.



Pernah denger lagu Lupa-Lupa Ingat nya Kuburan dan berpendapat kalo lagu itu ga penting?Try to hear the Harmoni version (Harmoni Mei). Aransemen ajaib mas Andi lagi-lagi menampilkan lagu Kuburan yang satu ini dengan versi yang *aku bersumpah sesumpah-sumpahnya* BEDA!! Aransemen lagu ini dibuat agak teatrikal horor *ha?bahasa apa itu?!?*. Mungkin karena nama band nya "Kuburan", jadi dibuat agak horor-horor menegangkan di bagian awal *intro* nya. Ga sampai di situ aja, ada bagian dimana sang vokalis beradu suara sama backing vocal dari Magenta. Sumpah, CINTA banget!!



Pastinya familiar banget sama lagu Teman Tapi Mesra nya Ratu *kalo sekarang dikenal dengan nama Maia* kan? Kalau versi aslinya, lagu itu adalah lagu up beat. Gimana kalau aransemen nya dibuat agak swing dan dinyanyikan oleh seorang diva *yang ga perlu diragukan lagi kualitas nya*, Ruth Sahanaya?? Bahhh, denger versi swing nya (Harmoni April), aku berasa langsung pingin nyembah-nyembah si empunya aransemen *baca : Andi Rianto*. Aransemen nya sendiri udah ciamik, ditambah lagi suara Uthe yg masuk, bisa banget melebur sama aransemen baru nya, ga ada mati nya. Udah. Selese. Selesai semua. Beneran nyembah-nyembah.



Selain aransemen dari tiap lagu yang bisa sangat berbeda dengan asli nya, satu lagi yg aku suka dari lagu-lagu di harmoni, medley lagu-lagu nya.Beberapa medley yang aku suka adalah medley di harmoni bulan Februari dan Mei. Di harmoni Februari, medley nya ditampilkan indah sekali oleh Sita Nursanti, Mario Ginanjar, dan Nindy. Berhubung itu adalah bulan Februari *dan temanya adalah Cinta*, jadi yang di medley adalah lagu-lagu cinta *yg sanggup ngebuat aku pingin langsung lari ke toilet dan nangis sesengukan karna berasa tertohok..hahahaha,curcol*.



Nah, kalau di harmoni bulan Mei, medley ciamik ditampilkan oleh rising star, Magenta Singers (sedikit tentang Magenta Singers, mereka ini adalah 4 backing vocal : Ira Batti, Annisa Pontjo, Pungky Purnanto, dan Wisha Sofia Dewi dari Magenta Orchestra.Kalau ditanya pengalaman kayaknya Magenta Singers ini ga kalah pengalaman sama penyanyi-penyanyi yg sudah punya album.Kualitas nya, jaminan mutu! Juara! Jempol!)
Magenta Singers menyanyikan medley dari beberapa lagu. Sebagai bagian dari Magenta Orchestra, mereka terlihat dan terdengar piawai banget menyesuaikan dengan aransemen mas Andi. Beda nya, kali ini mereka tampil di depan *ga cuma ngumpet di belakang*.Dan bener, semua lagu mereka sikat, tandaskan, tuntaskan dan selesaikan dengan cantik.



Itu tadi cerita beberapa penampilan di harmoni *catat!baru beberapa!*. Udah banyak sekali yang tampil di Harmoni. Dan hampir semuanya tampil jauh dari mengecewakan alias main cantik alias top. Kalau aku harus ceritain semua penyanyi yang udah pernah tampil, dari bulan Januari, mungkin postingan ini akan jadi postingan yang berjilid-jilid *lebay*.
You never heard or watched Harmoni? I guess you'll be so deeply in regret because you never watch it. So, I strongly advice you to watch it. Watch it on the 20th every month (until August) on SCTV. Coba simak, perhatikan, dengarkan dan rasakan kegilaan aransemen-aransemen seorang Andi Rianto. Ga hanya aransemen nya aja, coba perhatiin ketika dia mainin jari-jari ajaib nya di piano. Aku ga pernah liat mas Andi nunjukin muka bingung, stress ataupun muka mikir *mikir harus mainin not apalagi*.Setiap lagu yang dia mainin, bener-bener dia nikmatin dan mengalir banget. I LOVE IT!!


Here is the man behind those crazy arrangement, Andi Rianto!!

Iri? Ngiler? Pingin nonton? Penasaran? Jangan lupa, nonton di SCTV setiap tanggal 20.Jangan sampe jadi manusia paling ketinggalan jaman karna ga pernah nonton Harmoni :D
For a reminder, this is just my point of view. If you agree, thank God. If not, I'm fine with it.
I'm out *for now*



Note : Photo's courtesy by Shai

No comments:

Post a Comment